Rabu, 01 Februari 2012

TUGAS PEWARISAN KETURUNAN MENURUT GOLONGAN DARAH


TUGAS
PEWARISAN KETURUNAN MENURUT GOLONGAN DARAH
MK: DASAR EPIDEMOLOGI



Penyusun:

Nama                   :Irma Ervhiana. A
NPM                    :10.11.107.13201.01312
Kelas                   :B Pagi
Semester              :III
Dosen                  :Abida Lepong, SKM. Mkes.


FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT 2010
UNIVERSITAS WIDYAGAMA MAHAKAM SAMARINDA
2011

PEWARISAN KETURUNAN MENURUT GOLONGAN DARAH

Tabel pewarisan golongan darah kepada anak
Ibu
Ayah
O
A
B
AB
O
O
O, A
O, B
A, B
A
O, A
O, A
O, A, B, AB
A, B, AB
B
O, B
O, A, B, AB
O, B
A, B, AB
AB
A, B
A, B, AB
A, B, AB
A, B, AB

Gen yang menjadi golongan darah ABO bersifat berpasangan, ada gen Ia, Ib, Io. Golongan darah ditentukan oleh pasangan gen-gen tersebut, deskripsinya sebagai berikut.
*Golongan darah A  pasangan yang mungkin Ia Ia dan Ia Io.
*Golongan darah B pasangan yang mungkin Ib Ib dan Ib Io.
*Golongan darah O hanya satu pasangan yang mungkin Io Io.
* Golongan darah AB hanya satu pasangan yang mungkin Ia Ib.
            Dalam hal ini terjadi penyilangan jika ayah dan ibu mempunyai golongan darah yang berbeda, bisa kita lihat pada contoh dibawah ini:
v  Jika ayah bergolongna darah B dan Ibu bergolongna darah O, maka ada dua kemungkinann penyilangan yaitu: kemungkinan pertama: Ib Io x Io Io dengan hasil: Ib Io, Ib Io, Io Io dan Io Io. (jadi kemungkinan anaknya 50% bergolongan darah B dan O. kemungkinan kedua: Ib Ib x Io Io dalam hal ini anak yang lahir pasti bergolongan darah B (Io Ib).
v  Jika Ayah O dan Ibu AB, kemungkinan pertama: Ib Io x Ia Ib hasilnya: Ia Ib, Ib Ib, Ia Io dan Ib Io. Anak yang lahir kemungkian 50% bergolongan darah B, 25% bergolongan darah A, AB. Kemungkinan kedua: Ib Ib x Ia Ib, hasilnya: Ia Ib, Ib Ib, Ia Ib, Ib Ib. kemungkinan anak yang lahir bergolongan darah B atau AB.
v  codominantJika Ayah B dan Ibu A, kemungkinan pertama: Ib Io x Ia Io hasilnya: Ia Ib, Ia Io, Io Ib, dan Io Io. Anak yang lahir bisa bergolongan darah A, B, O, AB. Kemungkinan kedua: Ib Ib x Ia Ia, hasilnya: Ia Ib, Ia Ib, Ia Ib, dan Ia Ib. anak yang lahir pasti bergolongan darah AB(Ia Ib) 
v  Jadi  dalam kasus ini golongan darah yang mungkin adalah: jika Ayah O dan Ibu O golongan darah anak pasti B atau O (tidak mungkin yang lainya).

Dari data diatas kita dapat menarik kesimpulan mengenai keturunan yang diwariskan melalui persilangan antara Ibu dan Ayah menurut golongan darahnya, sehingga kita dapat menjelaskan kepada masyarakat agar tidak terjadi suatu masalah dalam masyrakat dalam keluarga mengenai golongan darah yang dapat diturunkan melalui persilangan golongan darah yang berbeda antara Ayah, Ibu, dan anak, sehingga kita dapat memberikan penjelasan mengenai perbedaan golongan darah melalui pengamatan serta penelitian melalui data yang telah ada sehingga dapat mengetahui perihal yang sebenanya mengapa hal ini bisa terjadi.                         Ternyata setelah diteliti setiap golongan darah mempunyai pasangan yang terdiri dari satu atau dua pasangan nah, jika pasangan tersebut melakukan persilangan maka dapat dimungkinkan terbentuk golongan darah yang  mungkin sama dengan orang tua baik Ayah maupun Ibu atau mungkin tidak sama dengan keduanya. Karena setiap pasangan mewakili satu golongan darah yang dominan berikut penjelasanya: contohnya bisa kita lihat diatas!
* Darah A pasangan Ia Ia, Ia Io
* Darah B pasangan Ib Io, Ib Io
* Darah O satu pasangan Io Io
* Darah AB satu Pasangan Ia Ib

2 komentar: